5 Dasar Seo Blog Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung

Sedikitnya ada 5 dasar SEO Blog untuk meningkatkan jumlah pengunjung atau pembaca blog. Tips SEO ini untuk blogger pemula.

 dasar SEO Blog untuk meningkatkan jumlah pengunjung atau pembaca blog 5 Dasar SEO Blog untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung

BLOG sepi pengunjung merupakan “tragedi” bagi blogger. Toko Online pun dapat “bangkrut” kalo sepi order alasannya yakni sedikitnya pengunjung (visitor, user, pembaca).

Karenanya, perlu ikhtiar –plus doa, tawakal, dan sabar– untuk dapat meningkatkan pengunjung blog kita.

Ikhtiar meraih pembaca blog sebanyak-banyaknya itu dinamakan Search Engine Optimization (SEO) atau “Optimisasi Mesin Pencari”.

Mesin pencari yaitu sebutan bagi situs-situs yang biasa dipakai dalam web browser untuk mencari data, informasi, atau tulisan. Mesin pencari terkemuka di dunia yaitu Google, Yahoo, dan Bing. Ada juga yang “kurang populer” ibarat Ask.com.

Nah… SEO itu yakni serangkaian tips dan trik supaya blog kita cepat diindeks oleh para mesin pencari itu, kemudian ditampilkan di peringat atas di halaman hasil pencarian (SERP, Search Engine Result Page). Dengan meraih ranking tertas di SERP itulah blog kita akan dikunjung banyak user internet dan populer.

SEO Blog: Penting Banget!

Setiap blogger minimal harus mengetahui dasar-dasar SEO blog. Tidak mesti menjadi “SEO Expert” (Ahli SEO) untuk menjadi blogger hebat nan sukses.

Pemahaman dasar wacana SEO ini supaya goresan pena (posting) blog kita terindeks dengan baik oleh mesin pencari, terutama Google.

Benar, content yakni raja (content is king) and desain atau tampilan blog yakni ratu (design is queen). Benar, kita harus fokus ke isi, goresan pena atau konten berkualitas (quality content).

Tapi, di tengah persaingan ketat dengan blogger lain, dengan sesama penulis topik yang sama, kita membuhkan trik SEO agar konten berkualitas itu menjadi yang tercepat diindeks Google dan tampil di peringkat pertama SERP!

5 Dasar SEO Blog untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung 

Setidaknya ada lima cara untuk meningkatkan ke-SEO-an blog yang berdampak pada peningkatan trafik atau jumlah pembaca. Ini untuk blog platform blogspot ya….!

1. Setting Blog dengan Baik
Settingan blog terkait SEO antara lain di “Dashboard Blog”.

  1. Meta Description. Berisi citra konten atau isi blog, contohnya “Blog wacana kopmunikasi jurnalistik dan media”.
  2. Search Preference. Bisa diisi sama dengan Meta Descriptions. Setelah diisi, setiap menulis posting baru, nanti di sebelah kanan ada kolom “Search Description” (Deskripsi pencarian) yang dapat diisi dengan “copas” judul posting ke sana.

2. Gunakan Template SEO Friendly
Ciri template ini a.l. Fast Loading, simple, ringan, dan sudah ada Meta Tag SEO, juga mempunyai struktur data yang sesuai dengan standar Google. Lihat: Contoh Template Blog SEO.

3. Tentukan Kata Kunci 
Keyword memegang tugas penting dalam SEO Blog. Kata kunci yaitu “tema” atau “topik” yang menggambarkan konten/posting blog. Saat menciptakan blog, juga ketika akan menulis, tentukan kata kunci yang sekiranya dicari user.

4. Cantumkan Kata Kunci! 
Cantumkan atau masukkan kata kunci itu di judul, lead, body, dan final naskah! Menurut standar SEO, dalam satu goresan pena hendaknya ada sekitar 2-3 persen kata kunci –dikenal dengan “kepadatan kata kunci” (keywords density).

5. User Friendly! Scannability, Readability! Online Writing Style!
Mesin pencari selalu berpihak pada user. Jelas dong, tanpa user apalah artinya mesin pencari? Karenanya, buatlah goresan pena yang gampang dipindai, gampang dibaca, dan gunakan gaya menulis di media online: rata kiri, alinea pendek (maksimal 5-6 baris per paragraf), ada jarak antar-alinea (white space), highlited (tebal, miring, warna), dll. Baca: Kaidah Menulis Online.

Saran

Anda yang punya blog toko online, juga website instansi/perusahaan, perkaya konten blog/web Anda dengan tulisan-tulisan yang berkualitas, asli, bukan copas, bermanfaat bagi pengunjung, dan sekiranya diharapkan atau dicari user.

Toko Online jangan melulu berisi produk atau jasa, tapi juga lengkapi dengan tips, trik, atau ulasan wacana hal yang terkait produl/jasa.

Website lembaga/perusahaan/instansi pun demikian. Jangan melulu berisi aktivitas internal atau produk/jasa/layanan, tapi optimalkan Corporate Blogging! Wasalam. (www.romelteamedia.com).*


Sumber http://www.romelteamedia.com