Analisis Dan Pembuatan Rigging Huruf 3D Pada Animasi 3D “Jangan Bohong Dong”

Abstract: Dalam pembuatan animasi 3D terdapat proses yang disebut rigging. Rigging yakni metode sumbangan atau pemasangan tulang pada huruf animasi biar sanggup digerakkan. Tetapi kalau dalam animasi 3D sebuah model huruf 3D tidak memakai rigging, apakah model huruf 3D tersebut sanggup digerakkan dan sanggup menciptakan sebuah gerakan. Ada beberapa faktor yang menghipnotis huruf 3D yang memakai rigging dan tidak memakai rigging. Untuk itu dibuatlah penelitian pada huruf 3D yang memakai rigging dan tidak memakai rigging. Penelitian ini memakai sepuluh huruf dan beberapa gerakan sebagai materi pengujian. Metode pengujian yang digunakan terdiri dari jumlah keyframe yang digunakan dalam menciptakan sebuah gerakan, jumlah objek yang diberikan keyframe dan waktu yang diharapkan dalam menciptakan sebuah gerakan. Hasil dari pengujian menunjukan bahwa huruf yang memakai rigging sanggup menciptakan proses animating menjadi lebih efektif. 
Kata Kunci: Animasi 3D, Karakter 3D, Rigging, Keyframe
Penulis: Aski Satriawan, Meyti Eka Apriyani
Kode Jurnal: jptinformatikadd160434


Sumber http://www.e-jurnal.com/