Cara Menentukan Judul Dan Alamat Blog (Seo)

JUDUL (Title) dan Alamat (Adress) yaitu dua hal yang wajib diisi untuk menciptakan sebuah blog. Blog Title yaitu NAMA blog, contohnya . Alamat yaitu link URL blog, misalnya http://romelteamedia.blogspot.com.

Saat memulai bikin blog (create a blog), akan muncul pop-up window seperti penampakan gambar di bawah ini:

 yaitu dua hal yang wajib diisi untuk menciptakan sebuah blog Cara Memilih Judul dan Alamat Blog (SEO)
Kolom “Title” diisi dengan nama blog. Penulisan katanya normal, dapat berisi nama Anda, contohnya Ahmad Fulan. Bisa juga nama lain yang sesuai dengan citra isi/tulisan blog nantinya, contohnya Tips Kesehatan (jika blog Anda akan berisi goresan pena ihwal kesehatan).

Kolom “Address” diisi dengan huruf kecil semua dan disatukan, contohnya ahmadfulan, tipskesehatan, atau ibarat blog ini: contohblogseo, sehingga alamatnya menjadi www.ahmadfulan.blogspot.com, www.tipskesehatan.blogspot.com, atau www.contohblogseo.blogspot.com.

Sebaiknya Title dan Address blog kompak, relevan, atau lebih baik lagi kalo dapat SAMA, ibarat pola di atas. Relevansi Title dan Address anggun bagi optimisasi mesin pencari (SEO) blog –mudah terindeks mesin pencari ibarat Google.

Cara Memilih Nama dan Alamat Blog

Berikut ini panduan dasar menentukan nama dan alamat blog yang baik.

  1. Pendek. Nama domain jangan panjang, pendek aja, antara empat-enam huruf.
  2. Mudah Diingat. Nama domain harus gampang diingat.
  3. Mudah Diucapkan. Nama domain harus gampang diucapkan atau gampang dieja. Jangan gunakan kata asing dan kombinasi abjad yang “aneh”. Ini penting alasannya yaitu sering kali kita harus memberi tahu nama domain dengan mengucapkannya.
  4. Gunakan Nama. Gunakan nama instansi/perusahaan (untuk web instansi/perusahaan) dan nama Anda (untuk personal branding).
  5. Gunakan Nama Deskriptif. Jika website Anda akan berisi soal tips kesehatan, maka gunakan nama atau mengandung nama “kesehatan”.
  6. Jangan Gunakan Tanda Pengubung atau Angka. Ini akan menyulitkan pengucapan dan sulit diingat. Pengujung hanya akan ingat nama, bukan tanda atau angka.
  7. Sesuai dengan Konten. Sesuaikan nama domain dengan konten website, kalau pilihannya bukan nama orang atau nama lembaga. 

Demikian panduan dasar menentukan atau menentukan judul/nama (blog title) dan alamat (blog address/url) yang baik untuk SEO. (www.romelteamedia.com).*

Referensi:

  1. http://moz.com/blog/how-to-choose-the-right-domain-name/
  2. http://www.motocms.com/blog/marketing/10-tips-choosing-domain-name/
  3. http://www.wikihow.com/Pick-a-Good-Domain-Name-for-Your-Website/


Sumber http://www.romelteamedia.com