Cara Menyapa Paling Unik Dan Aneh

Sapaan yakni cara kita berinteraksi dengan orang yang kita kenal, atau bahkan kepada orang yang tidak kita kenal sekalipun. Cara sapaan ini biasanya kita lakukan dengan berkata hai atau apa kabar dengan berjabat tangan. Namun taukah anda sahabat anehdidunia.com di dunia ini, ada beberapa kawasan dengan sukunya yang melaksanakan salam dengan cara yang tidak biasa. Boleh dikatakan unik dan mungkin terdapat makana yang mendalam dalam melakukannya. Berikut cara menyapa paling abnormal di dunia
Menjulurkan Lidah Penghormatan Suku Tibet

Sahabat anehdidunia.com menjulurkan pengecap kepada orang lain tentu akan mengundang masalah, tapi tidak kalau Anda berada di Tibet. Disana menjalurkan pengecap dipandang sebagai hal yang sopan,  juga sebagai sambutan susila dan tradisi yang sudah berlangsung turun temurun.
Dulu pernah ada seorang raja kejam di Tibet berjulukan Lang Darma yang mempunyai pengecap hitam. Orang Tibet percaya bahwa raja ini akan bereinkarnasi. Oleh sebab itu, mereka saling menyapa dengan menjulurkan pengecap mereka, untuk membuktikan bahwa mereka bukan raja jahat yang bereinkarnasi. Tradisi ini terus berlangsung selama berabad-abad, jadi kini hanya sebagai sambutan susila semata.
Hongi Salam Penghormatan Selandia Baru

Gaya sapaan di Selandia Baru terinspirasi dari tradisi suku Maori. Gaya sapaan yang yang mereka gunakan disebut Hongi. Hongi ini sangat terkenal dalam kehidupan sehari-hari sampai dalam beberapa upacara adat. Cara sapaannya hampir menyerupai dengan yang ada di Alaska, yaitu dua orang saling berhadapan, hidung bersentuhan kemudian di tekan bersamaan. Cara ini menciptakan mereka percaya bahwa ketika melaksanakan Hongi, berarti dua orang tersebut saling menukarkan ha atau nafas hidup.
Kalau Anda sudah melaksanakan Hongi ini untuk pertama kalinya, maka status kita akan meningkat dari manuhiri (tamu), menjadi tangata whenua yang berarti telah menjadi salah satu warga mereka. Yang unik dari suku ini, kalau kita sudah menjadi warganya, itu berarti kita diharuskan mengikuti segala kegiatan di kawasan mereka.
Bertepuk Tangan Cara Menyapa Di Zimbabwe

Gerakan tepuk tangan merupakan tradisi sapaan malam hari di Zimbabwe. Pria akan bertepuk tangan sebagai tanda ucapan halo kepada perempuan dan selamat tinggal dengan tangan datar mereka. Tepukan yang cepat juga sanggup berarti sapaan terima kasih.

Kunik Sapaan Hormat Suku Inuit

Dari sekian banyak tradisi salam dari negara, gaya sapa paling terkenal tentu saja berasal dari Alaska. Di Alaska tradisi salam dikenal dengan ‘Eskimo Kissing’. Gaya sapa penduduk yang berdomisili di Siberia Timur dan Alaska ini diambil dari tradisi suku Inult yang disebut Kunik. Cara melakukannya dengan saling menggesekkan ujung hidung dengan lawan bicara. Filosofi dari Kunik ini yakni sebagai bentuk ungkapan rasa sayang di antara anggota keluarga atau yang dicintai.
Bow Atau Membungkuk Hormat Di Jepang

Membungkuk yakni salah satu etiket salam yang paling terkenal di dunia. Di Jepang, membungkuk merupakan hal yang sangat penting dilakukan ketika bertemu kolega maupun orang yang lebih tua. Cara membungkuk di Jepang biasanya dengan mencondongkan tubuh dengan punggung tegak kedepan dan kedua tangan berada di samping tubuh (untuk laki-laki) sedangkan kedua tangan saling mengenggam di depan tubuh (untuk perempuan).
Saat membungkuk mata si penyapa akan menutup. Semakin usang dan rendah tubuh membungkuk memperlihatkan relasi emosional dan rasa hormat yang lebih mendalam. Praktek salam dengan membungkuk juga dilakukan di Korea. Di Korea sendiri sesudah membungkuk akan dilanjutkan dengan menyalami orang yang disapa. Untuk lebih memperlihatkan rasa hormat ajun di sokong dengan tangan kiri sambil menyodorkan tangan untuk bersalaman.

Salam Mencium Hidung Dengan Hidung Di Oman 

Cium pipi ketika berkenalan, itu sudah biasa. Yang unik, cara berkenalan di negara Oman yakni mencium hidung dengan hidung. Cara berkenalan menyerupai ini dilakukan lebih banyak oleh para pria. Mereka saling mencium hidung dengan mendorong kepala masing-masing. Cara ini membuktikan kekerabatan dan kasih sayang yang dalam.
Meludah Sapaan Hormat Suku Masai Kenya

Ini merupakan cara menyapa paling abnormal yang pernah ada dan masih berlangsung sampai kini. Saling meludah satu sama lain merupakan hal yang biasa dilakukan oleh orang-orang suku Massai di Kenya dan Tanzania sebagai tanda sapaan kepada teman. Bahkan meludah juga masih diterima ketika menyapa orang tua, tetapi seorang anggota suku yang lebih muda secara tradisional akan meludah di tangannya sendiri sebelum memperlihatkan kepada anggota suku yang lebih renta untuk meludahnya sebagai tanda hormat.
referensi:
http://tommyyoewono.com/242/salam-unik-5-negara/
http://jadiberita.com/2698/sapa-menyapa-menjadi-unik-di-berbagai-negara.html
http://humaniora.uniknya.com/2014/09/16/5-tradisi-menyapa-yang-unik-di-berbagai-belahan-dunia-bag-1/
http://humaniora.uniknya.com/2014/09/17/5-tradisi-menyapa-yang-unik-di-berbagai-belahan-dunia-bag-2/


Sumber http://www.anehdidunia.com/