Omg Keanggunan Baju Tradisional Negara-Negara Di Dunia

Indonesia ialah salah satu negara di dunia yang mempunyai keragaman budaya, bahasa serta baju adat. Wilayahnya yang luas dan berpencar ratusan pulau di sekelilingnya telah menyumbang kekayaan tersendiri bagi negerinya. Karena itulah Indonesia dikenal dengan negara yang kaya akan kultur dan budaya oleh masyarakat dunia. Selain tutur dan perilakunya yang ramah kepada siapa saja orang asing yang berkunjung, masyarakat Indonesia juga terkenal dengan cara berpakaiannya yang penuh kesantunan dan keanggunan.
Bisa kita lihat dari wilayah Sabang hingga Merauke semuanya mempunyai khasanah baju tradisional yang sangat beraneka. Tiap provinsi mempunyai ciri khas tersendiri untuk menonjolkan identitas daerahnya. Bahkan dalam satu provinsi juga terdapat lebih dari satu baju tradisional. Namun, hal ini tidak hanya bisa ditemukan di Indonesia saja. Negara-negara lain di dunia juga mempunyai baju tradisional khasnya masing-masing. Penasarankah anda negara mana saja yang mempunyai baju tradisional unik? Berikut keanggunan baju tradisional negara di dunia
Pakaian Tradisional Sari India
 Indonesia ialah salah satu negara di dunia yang mempunyai keragaman budaya OMG Keanggunan Baju Tradisional Negara-Negara Di Dunia
Mungkin bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat dunia mengenai sari. Memang baju ini sangat menempel dengan identitas perempuan India. Baju tradisional ini seolah menunjukkan jati diri nasionalisme warga India. Sari tidak hanya digunakan perempuan India yang bermukim di negara India saja, warga India ataupun keturunan India yang tinggal di negara lain juga seolah tidak pernah lepas dari sarinya. Baju tradisional ini tidak hanya digunakan di upacara adat, ibadah atau program resmi saja alasannya ialah sari telah bisa menyesuaikan diri dengan modernitas sehingga tidak akan menciptakan siapapu yang memakainya ketinggalan zaman. Bahkan beberapa desainer pernah merancang busana alasannya ialah terinspirasi dengan keanggunan baju tradisional dari India yakni sari.
Ao Dai Vietnam
 Indonesia ialah salah satu negara di dunia yang mempunyai keragaman budaya OMG Keanggunan Baju Tradisional Negara-Negara Di Dunia
Baju tradisional yang berasal dari Vietnam ini memang tampaknya masih kurang begitu terkenal menyerupai sari akan tetapi model baju tradisional ini terlihat sangat anggun dan memancarkan kecantikan perempuan Vietnam. Ao dai sendiri di Vietnam biasanya digunakan untuk menyebut pakaian yang sudah usang tidak pakai, akan tetapi semenjak tahun 1993 hingga kini baju tradisional ini bisa meraih kepopulerannya kembali. Baju ini biasanya digunakan oleh perempuan Vietnam dalam upacara pernikahan, kematian atau perayaan menyerupai Imlek.
Melihat dari gaya busananya menyerupai mengadaptasi Qipao yang identik dengan Cina. Akan tetapi dikala ini, ao dai mengalami penyesuaian zaman dari segi modelnya. Baju tradisional yang berbahan kain sutera ini dibentuk menjadi lebih ketat dibandingkan dulu dan memakainya dikombinasikan dengan celana pantalon khas Vietnam juga. Dengan karakteristik wajah yang dimiliki perempuan Vietnam tentu saja menambah keanggunan ketika menggunakan ao dai ini. Bahkan di Vietnam juga terselenggara kontes Miss Ao Dai dengan tujuan lebih memasyarakatkan lagi baju tradisional di negerinya sendiri.
Kaftan Persia Atau Maroko
 Indonesia ialah salah satu negara di dunia yang mempunyai keragaman budaya OMG Keanggunan Baju Tradisional Negara-Negara Di Dunia
Tahukah anda bahwa baju yang beberapa tahun kebelakang ini sedang terkenal di Indonesia yakni kaftan merupakan baju tradisional yang berasal dari negara Maroko. Ya benar, kaftan memang hasil baju tradisional yang ternyata zaman dahulu tidak hanya digunakan oleh perempuan saja namun juga pria. Bahkan ketika kekuatan Ottoman masih berjaya di Turki, kaftan menjadi baju yang paling mahal dan hanya digunakan oleh kalangan darah biru saja.
Kaftan dulu seringkali dibentuk dari materi sutera nomor satu dengan sulaman yang indah, namun dikala ini kaftan bisa dibentuk dengan lebih sederhana tanpa meninggalkan kesan anggunnya. Kaftan dikala ini memang tidak hanya sebatas identitas baju tradisional warga Maroko saja akan tetapi berkembang di wilayah negara lainnya menyerupai Afrika, Rusia dan lain sebagainya.
Sehingga kaftan “tidak hanya” dianggap sebagai baju muslim saja namun sudah berubah fungsi menjadi baju tradisional dan hebatnya dikala ini kaftan sudah menjadi tren mode baik untuk kalangan menengah hingga kelas atas. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya selebriti yang sering menggunakan kaftan di acara-acara bergengsi.
Kebaya Indonesia
 Indonesia ialah salah satu negara di dunia yang mempunyai keragaman budaya OMG Keanggunan Baju Tradisional Negara-Negara Di Dunia
Untuk yang satu ini mungkin sudah sangat familiar di tengah masyarakat Indonesia. Kebaya ialah salah satu baju tradisional yang hingga dikala ini bertahan di tengah tren busana mancanegara. Kebaya hadir mulai zaman kerajaan Majapahit dan dikenakan tidak hanya untuk kalangan darah biru namun juga rakyat jelata. Jika baju-baju tradisional dari negara lain lebih banyak berupa gaun lain halnya dengan kebaya yang berupa baju atasan saja. 
Kebaya biasanya digunakan dengan bawahan kain sarung, batik atau kain songket. Tidak kalah dengan baju tradisional dari negara lainnya juga, kebayapun dimodifikasi lebih modern dari awal pertama kemunculannya. Kebaya juga mempunyai filosofi tersendiri bagi siapapun yang menggunakannya. Selain memancarkan keanggunan dan kesantunan khas perempuan Indonesia, kebaya juga bisa mencerminkan langsung si pemakainya. Kebaya biasanya sering digunakan di program janji nikah atau upacara watak kedaerahan 
Wanita ialah sumber kecantikan dunia oleh alasannya ialah itu paras dan segala macam yang digunakannya seolah tidak pernah bosan untuk dibahas. Baju tradisional juga merupakan aset masing-masing tempat atau negara tersebut. Keanggunan serta keindahan yang terkesan usang atau kuno tidak akan membawa pemakainya ketinggalan zaman melainkan sanggup menonjolkan kepribadian yang cinta dengan budaya sendiri. Sebagai negara yang Bhineka Tunggal Ika sudah sepatutnya kita berbangga hati dengan segala hal kekayaan yang kita miliki di negeri ini. Jangan biarkan baju tradisional kita perlahan hilang cuma-cuma hanya alasannya ialah kita melupa dengan budaya sendiri. Lestarikan budaya negeri!
referensi:
http://octavianinurhasanah.net/2011/09/02/44-akhirnya-saya-pun-menulis-sejarah-kaftan-alhamdulillah-yaaa/


Sumber http://www.anehdidunia.com/